Thursday, May 28, 2009

Istilah dalam Teknik Penyiaran (Bagian 4)

Perkembangan keilmuan dalam teknik pertelevisian berjalan sangat cepat, seiring dengan pesatnya ilmu dan teknologi computer yang juga merambah ke ranah pertelevisian. Apabila dahulu, orang yang bekerja di bagian teknik pertelevisian kebanyakan berasal dari disiplin ilmu teknik elektronika dan teknik telekomunikasi, maka sekarang ini sedikit mengalami pergeseran ke arah teknik computer, terutama teknik computer network dan hardware computer. Memahami perkembangan tersebut, maka pemahaman akan istilah-istilah yang ada di bidang computer perlu juga dipahami oleh teman-teman yang berkecimpung di bidang teknik penyiaran. Di bawah ini adalah sebagian dari istilah dalam ilmu computer yang sering bersinggungan dengan teknik penyiaran. Artikel ini merupakan artikel bersambung, mengingat banyaknya istilah dalam teknik computer yang perlu dipahami.


Ethernet

Suatu protocol Local Area Network (LAN) yang dikembangkan Xerox Corporation bersama dengan DEC dan Intel, pada sekitar tahun 1976. protocol ini salah satu standar LAN yang paling banyak digunakan saat ini


Firewall

Firewall-lah yang menentukan informasi yang dapat masuk dan keluar melaluinya. NAT akan menyembunyikan local IP dari network di luar firewall. Ini akan mengamankan client, untuk diakses di luar firewall ataupun melihat-lihat file di dalamnya.


NAS

NAS (Network Attached Storage) adalah perangkat yang didedikasikan untuk kebutuhan utama sebagai file server sharing. Perangkat NAS adalah bagian terpisah dari server. NAS memungkinkan penggunanya untuk menambahkan kapasitas media penyimpanan, tanpa mengganggu jaringan yang sudah ada. Perangkat NAS dapat diletakkan secara fisik berjauhan dari server, selama masih dalam jangkauan LAN yang sama.


Server Blade

Computer server yang didesain guna dapat membangun computer server yang lebih high density, dengan cara digabungkan dengan computer-komputer server blade lain. Server blade sudah memiliki komponen pembangun computer sendiri, sehingga ia pun dapat berdiri sendiri sebagai computer tunggal. Hanya saja banyak komponen pembangun computer dihilangkan, agar dapat memenuhi aturan ruang yang kecil dan kompak.


S/N Ratio

S/N ratio (signal-to-noise ratio) adalah ratio perbandingan antara sinyal dan noise dalam satuan logaritmik decibel (dB). Dengan adanya rangkaian penguat (amplifier), menentukan nilai ratio ini. Semakin besar rationya, semakin baik kualitas perangkat tersebut. Karena mampu meningkatkan sinyal dengan menekan peningkatan noise pada rangkaian penguat


SATA

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan sinyal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Yang sebelumnya telah digunakan, memiliki transfer data rate 150 MB/s (SATA-150). Yang sekarang banyak digunakan adalah SATA-300 (SATA II) dan bahkan SATA-600.


SCSI

SCSI (Small Computer System Interface) adalah sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC bus. Selain pada hardisk, juga sering digunakan pada drive optic, dan beberapa back-up storage. Lebih banyak digunakan pada workstation dan server. Desktop PC lebih mengandalkan interface ATA/IDE untuk storage.

No comments:

Post a Comment