Tuesday, June 23, 2009

Istilah Dalam Teknik Penyiaran (Bagian 5)


Setelah pada posting sebelumnya membahas tentang istilah IT yang sering digunakan dalam istilah penyiaran seperti Ethernet, Firewall, NAS, Server Blade, S/N Ratio, SATA dan SCSI, maka pada posting kali ini akan membahas tentang ATA/133, NCQ, PATA, chipset, controller, FSB dan IGP

ATA/133

Untuk sementara merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra-DMA/133, UDMA 6, dan lain-lain. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller hardisk yang sudah mendukung, juga controller bus pada sisi PC (lebih tepatnya pada motherboard). Sedang dalam penngembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8.

NCQ
NCQ (Native Command Queuing) merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan hardisk menentukan sendiri urutan perintah saat hardisk beroperasi. Memiliki banyak kesamaan dengan TCQ (Tagged Command Queuing) pada hardisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme hardisk.

PATA
PATA atau sebelumnya dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment), atau juga sering disebut sebagai IDE, ATAPI, dan UDMA. Merupakan standar interface yang digunakan untuk perangkat storage pada PC, seperti drive optic dan hardisk. Dengan diperkenalkannya serial ATA pada tahun 2003 yang lalu, maka untuk lebih spesifik kemudian lebih dikenal sebagai PATA (Parallel ATA). Mengacu pada metode sinyal data pada kabel data ATA.

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi computer. Setiap komponen computer memiliki paling tidak sebuah chips di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari computer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grapik 3D, dan output dari gambar pada monitor kita. CPU salah satu contoh chips yang sangat penting.

Controller
Alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan motherboard. Bentuk fisik berupa sebuah chips dengan ukuran beragam, tergantung fungsi dan fasilitas yang dimilikinya.

FSB (Front Side Bus)
Pada mikroprosesor FSB menghubungkan prosesor dengan memori utama. FSB digunakan untuk mengomunikasikan antara motherboard dengan lainnya.

Integrated Graphic Controller
Biasa disebut IGP (Integrated Graphic Prosesor) oleh sebagian chipset manufaktur. Adalah chips graphis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama, seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGP tidak memiliki memori yang khusus untuk dirinya, dan mengambil langsung dari memori computer utama. Walau pada sebagian produsen juga mengimplementasikan chip memori khusus untuk IGP ini.

No comments:

Post a Comment