Monday, May 25, 2009

Video Server (lanjutan)

Tektronik telah mempertunjukkan Video Server di depan umum yang pertama di NAB. Menggunakan kompresi JPEG, yang mana poinnya adalah kompresi pada still-image. Dimana dari still frame terbentuk motion video (video bergerak) dan itulah Motion JPEG. Profile video server tidak hanya diperuntukkan pada pasar terbatas tetapi dinyatakan sebagai suatu pengembangan potensi yang jauh lebih besar yang akan di release ke depan.
Tetapi media penyimpanan yang kecil saat itu, kurang efektif bila disebut server, tidak ada interface ke sistim automation dan masih kurang bermutu dibanding VTR di era tersebut. Keraguan akan perangkat itu beralasan kecuali bila ditingkatkan bit rate nya. Semua nya telah direncanakan, kurang lebih satu tahun kemudian perangkat tersebut digunakan sebagai output robotic VTR, memungkinkan back to back playback sepanjang hari dari 10 detik segmen. Pada tahapan bit yang cukup, sebuah penyimpanan kaset tidak diperlukan lagi. Perkembangan ke depan, server banyak dijual dan secara radikal telah merubah industri ini menjadi besar
Hari ini kita mendapati hal yang berbeda. Server adalah sebuah produk. Kebanyakan, profile seperti Leitch VR dan Pinnacle Mainstream sudah dapat menyediakan sedikitnya sebuah generasi hardware dan beberapa revisi sistim operasi software. Server besar dan kecil telah menyebar. Dalam beberapa segmen, penggunaan server yang tersebar luas telah memindahkan teknologi yang sudah tua, hampir sepenuhnya dilakukan. Satu yang jelas menyoroti adalah bagaimana server memainkan video di museum dan bahkan kehadirannya dapat mempresentasikan produk display yang dipajang di tempat belanja.
Kapasitas yang telah meningkat dengan harga terjangkau, itupun tanpa mengurangi fitur aplikasi video yang disediakan. Harga peralatan yang murah, retail dan implementasi publik lainnya, akan menjadi hal yang biasa. Dibelakang itu semua, sedikit perkembangan teknologi yang dilakukan atas video dan segalanya dilakukan dengan perhitungan.
Alokasi penyimpanan dengan durasi 2 atau 3 jam, cukup lah sebagai awal bagi server yang beroperasi dengan aplikasi yang terbatas. Chasis dari ukuran storage menjadi penghalang mahalnya perangkat penyimpan. Katakan dengan disk 2GB dan 4GB, sekarang dengan ukuran chasis yang sama menjadi 141GB dan 181GB bahkan sudah berkapasitas Terabyte (TB) dan ini telah menurunkan harga dari ribuan dollar menjadi hanya ratusan dollar saja, ukuran konfigurasi nya secara dramatik menaikkan pula performanya.
Tidak biasa melihat wujud dasar yang menyimpan 60 ke 70 jam, suatu peningkatan 30 kali lipat dalam satu dekade dengan biaya hampir separuh. Penurunan biaya dan meningkatnya kapasitas bersama-sama telah memindahkan penghalang penyimpanan long-form pada server. Tentu saja dalam empat tahun terakhir banyak sekali rencana besar DIRECTV, seperti Turner Entertainment dan yang lainnya telah membangun arsitektur canggih dengan perekaman dan playout program menggunakan server. Bersama-sama dengan manajemen arsip dan managemen asset media (semua berbasisi IT), telah membuat sangat efisien dengan workflow yang berbeda.
By John Luff
(Senior vice president of business development for AZCAR)

No comments:

Post a Comment