Sunday, March 29, 2009

Black Burst atau Reference Sync atau Genlock

Di zamannya TVRI, beberapa kali kita, walau cuma beberapa detik. disuguhkan acara dimana gambarnya kepotong di tengah, waktu itu kita tidak tahu kenapa bisa begitu, tahunya adalah kesalahan teknis. Di zaman sekarang ini, masih ada juga (walaupun sudah sangat jarang) kejadian seperti itu, dimana, tiba-tiba gambarnya di tengah, dan perlahan-lahan naik atau turun sebelum kembali ke frame semula, mungkin karena sudah dibenerin? Sebenarnya, mengapa hal itu bisa terjadi? Di kalangan broadcast engineer, biasanya langsung menduga bahwa hal itu terjadi karena genlocknya hilang (genlocknya gak ada) sehingga gambarnya tidak sync. Ada beberapa penyebutan untuk genlock tersebut, ada yang bilang sync , black burst atau sync reference sebenarnya makhluk apakah itu?

Di dalam operasional studio televisi dan utamanya untuk signal video, maka tv synchronizing pulse atau genlock atau sync atau black burst atau sync reference sangat berperan menyerempakkan beberapa signal video dari berbagai sumber. Untuk selanjutnya semua kata tersebut disingkat dengan sync saja.
Sync ini diproduksi oleh alat (self contain) atau bagian alat (di dalam alat lain) yang disebut TV SPG. Signal yang dihasilkan TV SPG utamanya beberapa pulsa dan opsinya beberapa video test signal. Spesifikasi Teknik pulsa-pulsa sync (standard PAL yang dipakai di Indonesia) adalah sebagai berikut :
No
Nama Pulsa
Lebar Pulsa
Periode Pulsa (Pulsa Repeation Rate/Duration/Frekuensi
1 Horizontal Sync, H sync 4,7 µs 64 µs atau 1H atau 15625 Hz
2 Vertical Sync, V sync 2,5 H 20 ms disebut 1 V atau 50 Hz
3 Equalizing, Eq 2,35 µs 32 µs
4 Horisontal Blanking, H bl 12 µs 64 µs
5 Vertical Blanking, V bl 25 H 20 ms
6 Colour Subcarrier (sinusoida), Fsc 225 ns atau 4,433 MHz
Bila SYNC berisi lengkap (6 bag) itu, maka disebut : COMPOSITE SYNC.

Sync lengkap ini disebut juga oleh TV engineer Black Burst, disingkat BB . Perlu diketahui bahwa Vsync, Hbl, Vbl adalah fakultatif disertakannya. Sedangkan Eq, dan Fsc hanya disertakan beberapa sampel. Untuk jelasnya lihat gambar 1 dan 2 di halaman berikut.
Gambar 1 : mulai bagian akhir Field pertama(odd) s/d awal Field kedua(even).
Gambar 2 : mulai bagian akhir Field kedua(even) s/d awal Field pertama(odd).
Signal SYNC mendapat istilah lain atau synonim BB karena :
Fsc di posisikan pada level Black video setiap awal 1 H dan hanya ditampilkan beberapa cycle (Burst) setiap 64 us.
black burst copy
black burst2 copy
Kini di jaman teknologi maju, produk tv spg dapat dikemas dalam 1 buah chip. Dan mayoritas peralatan tv penghasil signal video (kamera, VTR recorder, chargen, capgen, kompugraphic, titlegen, vision mixer/switcher) telah dilengkapi spg.
Maka “kesinkronisasian” signal-signal video itu semua adalah mutlak dalam 1 system operasi studio. Kesinkronisasian signal-signal video ini disyaratkan mutlak pada saat sampai di input video mixer, input routing switcher supaya dapat diolah produksi menjadi kemasan program video yang baik (sync).
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di video mixer dapat mengolah fungsi pencampuran signal-signal video, antara lain : Mixing, Cut, Fade, Overlay, Special Effect, Keying, Cropping, dsb. Pada operasional video mixer biasanya dilengkapi dengan 2 kondisi alarm indicator untuk tiap-tiap input signal video nya.
Kondisi 1 : sync, berarti signal video sinkron satu sama lainnya. Semua fungsi operasi video mixer dapat terlaksana dengan baiknya.
Kondisi 2 : nonsync, berarti tidak sinkron. Hanya fungsi Cut yang beroperasi, itupun dengan output signal video yang tidak baik (jumping frame atau running frame atau acak) saat transisi gambar.
Beberapa peralatan yang tersambung dalam system instalasi studio, berarti dapat saja beberapa tv spg hadir dan selanjutnya beberapa sync pulse exist walaupun frekwensi sama namun timing /phase bisa berbeda-beda, karena mulai menghidupkan (on) setiap peralatan tidak mungkin bersamaan(dalam skala waktu nano /micro second). Menyeragamkan /mensinkronkan timing sync pulse (spg-spg) ini, ditempuh metoda generator-locking atau disingkat genlock. Dipilihlah satu set tv spg menjadi pusat komando, disebut
MASTER SPG .
MASTER SPG akan mengomando /mengemudikan spg-spg lainnya yang ada. SPG yang menerima komando disebut Slave spg. Outline rangkaian master spg dalam suatu studio tv adalah sebagai berikut, gambar 3
black burst3 copy
Master SPG dapat juga suatu ketika bila memang perlu dapat menerima signal komando genlock, maka sementara menjadi Slave SPG. Peralatan yang ber spg dapat menjadi Master SPG
Demikian pembahasan tentang sync, semoga bermanfaat

2 comments:

  1. mau nanya, apa sih namanya moire?

    ReplyDelete
  2. Moiré Pettern yang biasa terlihat di layar televisi secara langsung ketika seseorang mengenakan baju atau jaket dari tenun atau pola tertentu, seperti jaket houndstooth, karena masalah sampling dalam kamera televisi. Ketika orang bergerak, maka pola moiré cukup terlihat. Karena ini, penyiar dan para profesional lain yang muncul di TV diinstruksikan secara teratur untuk menghindari pakaian yang dapat menimbulkan efek tersebut, lebih dikenal sebagai 'strobing'.

    ReplyDelete