Wednesday, March 4, 2009

Instalasi TMC PostPro di Tendean Square

Instalasi 2 buah edit suite audio-video dan 1 audio post pro dengan VTR Betacam Digital, VTR Betacam Analog dan VTR miniDV dengan menggunakan system patching dan VTR Centralized. Interface antara Computer MAC dan VTR menggunakan produk AJA KONA. Dengan menggunakan system patching maka akan menghemat biaya untuk pembelian VTR dan posisi VTR tidak perlu dipindah-pindah apabila ada yang mau transfer, print ataupun capture antara satu edit suite dengan yang lainnya.

Dengan cara yang biasa (tidak menggunakan system patching), apabila kita ingin transfer di edit 1 misalnya, maka kita harus memindahkan VTR ke ruangan edit 1 dan menginstalasinya, dan apabila kita ingin nge-print di edit 2, maka kita mencopot kabel dan memindahkan VTR ke edit 2 dan menginstalasinya lagi. Tentu saja apabila hal tersebut dilakukan terus menerus akan sangat merepotkan dan tentunya membuat banyak waktu terbuang untuk menginstalasi dan mencopotnya kembali. dengan menggunakan system patching, maka yang putus-sambung cukup dipatchingannya saja, tanpa harus memindahkan perangkat VTRnya yang lumayan berat. Apabila kita tidak ingin memindahkan VTR dari satu edit suite ke yang lainnya, maka kita harus menyiapkan minimal 1 VTR tiap 1 edit suite, yang mana tentu saja hal tersebut merupakan suatu pemborosan, apalagi bila edit suitenya banyak. sangat tidak fleksibel. Dengan system patching, maka yang dianut adalah pola matrix, yaitu tiap edit suite bisa diconnect dengan VTR yang mana saja, begitu juga dengan VTR, bisa connect dengan edit suite yang mana saja, sangat praktis dan ekonomis.

Bagi rekan-rekan yang mencari alternatif studio post-pro baik video maupun audio, maka TMC Post bisa dijadikan salah satu referensi. Dengan peralatan VTR yang komplit baik digital maupun Analog dan menggunakan software Final Cut Pro maka TMC post bisa memberikan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan.

CP : Bpk. Arisman Chandra (TMC Post, PT Tri Media Cakrawala, Tendean Square)

2 comments:

  1. studionya siapa tuh mas yg di instal??

    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Yang diinstall itu studionya pak arisman candra

    ReplyDelete