Thursday, October 24, 2019

Kupas Tuntas Program “Pesbuker”

Program “Pesbukers” awalnya singkatan dari “Pesta Buka Bareng Selebriti” namun sekarang cukup disebut dengan “Pesbuker” saja, tanpa ada singkatan apapun. Program “Pesbuker” di ANTV merupakan program variety show yang banyak digemari oleh masyarakat. Pada awalnya Pesbukers tayang hanya selama bulan puasa, yang hanya menjadi acara unggulan selama menunggu berbuka puasa. Kemudian melihat rating dan sharenya tinggi, pihak ANTV melanjutkan program ini menjadi program unggulan di ANTV. Pesbukers sudah ada sejak 25 Juli 2011, tayang setiap hari senin sampai jumat jam 16.00-17.30 WIB dan ditayangkan secara live atau siaran langsung.
Program Pesbukers sudah mendapatkan 5 kali penghargaan Panasonic Gobel Awards secara berturut-turut yaitu pada tahun 2013, 2014, 2015, 2016 dan 2017 dalam kategori komedi terbaik. Kesuksesan ini tidak lepas dari dukungan para pengisi acara yaitu, Ruben Onsu, Eko Patrio, Gotik, Sapri, dan bintang tamu lainnya, juga tidak luput dari crew-crew yang bekerja didalamnya. Bintang tamu yang dipilih juga artis yang sedang hangat dibicarakan atau yang sedang banyak disorot media.
Program ini dibagi menjadi 3 segmen yaitu Ruming, Langsung Sayang dan Viral. Segmen Ruming adalah sketsa yang dimainkan di ruangan yang bentuknya miring sekitar 45 derajat. Dimulai dari sinden yang bernyanyi membawakan tema yang akan dimainkan di segmen tersebut. Adegan yang dimainkan di ruangan miring menghadirkan kejadian yang lucu dan menarik. Segmen Langsung Sayang menghadirkan para jomblowati atau jomblowan dengan pemilih cinta. Di segmen ini sang pemilih cinta akan memilih salah satu dari jomblowan atau jomblowati untuk menjadi pasangannya. Segmen terakhir Viral menghadirkan cuplikan-cuplikan adegan yang sedang Viral dan pemain pesbuker mengomentarinya.
Untuk mendukung program “Pesbuker” ini, digunakan peralatan yang cukup banyak yaitu:
1. Sistem Video
Program ini menggunakan 9 kamera Sony dengan rincian 2 kamera handheld, 6 kamera menggunakan tripod dan 1 kamera jimmyjib dengan panjang 7 meter. 4 Lensa Super Wide (J 11 E X 4.5 B4 IRSE SX 12) dan 5 Lensa Standar (KJ 20 X 8.5 B KRSD). Menggunakan 2 switcher sebagai Main dan Back Up yaitu Switcher Sony. Media player yang digunakan adalah 3play, sementara recordernya AJA KiPro.
2. Sistem Audio
Sistem Audio menggunakan mixer Yamaha 64 channel di broadcast satu unit, di monitor satu unit, wireless clip on sennheiser 16 unit, wireless hand mic sennheiser 6 unit, mic cable sennheiser 2 unit, speaker 15” 6 unit dan speaker 12” 10 unit
3. Sistem Lighting
Sistem lighting menggunakan PAR 64 medium pretelan 12 unit, CYC 20 unit, Fresnel 70 unit dan console avolite 1 unit untuk lampu basic, sementara untuk intelligent lighting menggunakan moving head wash 4 unit, moving head beam 6 unit, moving head spot 7 unit, PAR LED 8 unit dan console grand-MA.
4. Multimedia
Untuk sistem multimedia menggunakan LED P3.9 96 modul, resolume 1 unit dan AJA U-TAP 1 unit
5. Sistem Komunikasi
Sistem komunikasi menggunakan Main Base Clearcom 1 set, desktop clearcom 1 unit dan wireless communication 1 set.




No comments:

Post a Comment