Thursday, September 14, 2017

Kamera Televisi (Bagian Ke 4): Camera Head

Camera Head (Kepala Kamera) terdiri dari:

1. Sistem Optik Interval

camera headSemua kamera televisi berwarna menggunakan sistem optik bagian dalam, yang memisahkan cahaya yang difokuskan oleh lensa ke dalam 3 warna primer. Sistem optik yang biasa digunakan adalah prism beam-splitter, yang menerima sumber cahaya secara maksimum dan sedikit sinar yang hilang atau distorsi optik. Kamera televisi yang lebih murah harganya menggunakan sistem optik cermin dikroik.

2. Photoelectric Transducer

Berfungsi mengubah bayangan optis ke dalam sinyal elektronik atau sinyal video.

3. CCD (Charge coupled device)


CCD adalah sebuah chip terpadu sebagai pengganti pick up tube. Fungsinya persis sama, hanya cara bekerjanya yang berbeda. CCD memberikan beberapa keuntungan, bentuknya lebih kecil dan ringan sehingga kamera dirancang lebih praktis dan ringan daripada kamera tabung

4. Viewfinder

ViewfinderViewfinder adalah jendela pengamat dimana kita bisa melihat obyek yang masuk ke dalam kamera. Viewfinder dengan ukuran 1 – 6 inch merupakan sebuah pesawat televisi hitam putih kecil yang berfungsi mengubah sinyal video kembali menjadi gambar yang bisa dilihat. Juru kamera bisa mempergunakan viewfinder untuk mengatur frame, menyusun komposisi dan memfokuskan gambar. Pada produksi multikamera kita bisa menyaksikan hasil gambar yang sedang diprogram pada switcher di control room dengan menekan tombol return video, sehingga kita bisa melihat bagaimana adegan yang sedang kita ambil apabila dicampur adegan dari kamera lain dengan efek khusus.

Di bagian dalam viewfinder dilengkapi dengan lampu-lampu indikator atau display yang menyatakan white balance, kurang sinar, recording, baterai atau kaset yang nyaris habis. Di bagian depan viewfinder ada lampu merah yang dinamakan tally light, sehingga presenter bisa melihat bila lampu merah menyala tanda bahwa kamera yang bersangkitan sedang “on air”.

No comments:

Post a Comment