Thursday, November 14, 2019

Kupas Tuntas Games Serlok (Geser Balok) Pesbuker

Games Serlok (Geser Balok) adalah games show terbaru di salah satu segmen yang menjadi andalan Pesbuker. Games show ini diadaptasi dari Games show di Jepang yang disebut Games show Tore (judul lengkapnya Japanese Wall Game Show TORE!). Selain di Jepang, Games show ini juga dimainkan di Thailand dengan nama Blockout. Ada yang membedakan antara Games show di Jepang atau Thailand dengan di Indonesia yaitu jika di Jepang atau di Thailand program ini diproduksi secara rekaman (taping), maka di Pesbuker ini Games Show Serlok dibuat secara langsung atau live dan hal ini merupakan yang pertama di Dunia. Pihak Jepang yang melakukan supervise juga terkagum-kagum karena Pesbuker berani menayangkan secara live games show ini.
Game show ini dipandu oleh dua orang pembawa acara pria yaitu Wendy Cagur dan Vicky Prasetyo. Pembawa acara yang digunakan oleh Games Show Serlok Pesbuker berbeda dengan yang di Jepang maupun yang di Thailand. Game show Tore di jepang pembawa acaranya berupa animasi yang memberikan pertanyaan dan komentar, sementara untuk pembawa acara di Block out Thailand adalah seorang pria dan seorang wanita. Sementara untuk jumlah peserta dan pembagian timnya tidak ada perbedaan antara Game Show Serlok Indonesia maupun Game Show Tore di Jepang dan Game show Block out di Thailand. Game show ini diikuti oleh 8 orang peserta yang terbagi menjadi 2 tim, masing-masing tim terdiri dari 4 orang.
Segmen Game show Serlok dibagi menjadi 2 babak yaitu babak baper parah (babak pertama pantang menyerah) dan babak Siti Nurbaya (Segitiga biru namun berbahaya). Di babak pertama ini, masing-masing tim akan diberikan sepuluh pertanyaan. Jika pertanyaannya tidak bisa terjawab, maka balok akan maju untuk mendorong peserta tetapi jika pertanyaannya bisa dijawab tidak ada balok yang maju. Akhir babak ini akan ditentukan siapa pemenangnya, yaitu yang anggota timnya paling banyak bertahan.
Babak kedua diberi nama Siti Nurbaya (segitiga biru namun berbahaya). Pada babak kedua ini, akan ada tambahan alas segitiga sebagai alat bantu agar tidak mudah terjatuh. Tim yang menang di babak pertama mendapatkan keuntungan dengan diberi alas segitiga yang lebih besar. Untuk teknis pertanyaannya hampir sama dengan di babak pertama, dimana masing-masing tim akan diberi pertanyaan dan jika tidak bisa menjawab, baloknya akan maju mendorong peserta.
Untuk mendukung program “Game Show Serlok (Geser Balok)” ini, digunakan peralatan yang cukup banyak yaitu:
1. Sistem Video
Program ini menggunakan 8 kamera GrassValley, 1 Kamera Sony, 4 Kamera Go Pro. Menggunakan 1 unit Switcher Sony. Media player yang digunakan adalah 3play sebanyak 2 unit, sementara recordernya AJA KiPro. Untuk kebutuhan template dan Game Engine digunakan 2 set Expression.
2. Sistem Audio
Sistem Audio menggunakan mixer Yamaha CL3 sebanyak 1 unit, wireless clip on sennheiser 12 unit dan speaker 12” 12 unit
3. Sistem Lighting
Sistem lighting menggunakan Fresnel 50 unit, Moving LED Wash 60 unit, Wash 12 unit, Beam 12 unit, Swit 5 unit, mixer avolite 1 unit.
4. Multimedia
Untuk sistem multimedia menggunakan LED P6 48 modul dan resolume 1 set.
5. Sistem Komunikasi
Sistem komunikasi menggunakan Main Base Clearcom 1 set, desktop clearcom 1 unit dan wireless communication 2 set


No comments:

Post a Comment