Thursday, December 13, 2018

Tips Membeli Pemancar Digital

    Mengingat pemancar digital ini menggunakan frekuensi yang penggunaannya sudah diatur oleh Kemenkoinfo, maka ketika kita akan membeli suatu perangkat pemancar digital harus diperhatikan dengan jelas spesifikasi teknis yang dimiliki apakah sudah sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kemenkoinfo.
    Mengingat pemancar digital ini sebagian besar masih menggunakan peralatan dari luar negeri, maka ketika kita akan memesan kepada vendor, harus diperhatikan faktor legalitas dan kesehatan keuangan dari vendor tersebut. Penulis pernah mengalami kejadian pahit, ketika memesan suatu barang dan sudah membayar DP (down payment), akan tetapi barang tidak dikirim juga. Setelah dikunjungi kantornya ternyata sudah tutup dan tidak tahu pindah kemana kantornya. Marketing dan pemilik perusahaannya tidak bisa dihubungi.
    Mengingat semua perangkat komunikasi yang menggunakan frekuensi harus mendapatkan sertifikasi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah melalui kominfo dan balai uji nasional, sebelum memesan barang harus disepakati terlebih dahulu siapa yang akan mengurus sertifikasi alat tersebut (walau biasanya yang mengurus adalah vendor).
    After sales services atau jaminan purna jual dari vendor. Sampai kapan dan dalam kondisi apa vendor memberikan jaminan purna jual, jangan sampai terjadi alat baru dipasang, ketika ada masalah vendor tidak bisa memperbaikinya dengan berbagai alasan.
Beberapa faktor penyebab kerusakan perangkat pemancar digital yang sering ditemui di lapangan di antaranya :
   
Kesalahan dalam instalasi, baik audio, video, perangkat pemancar digital, kelistrikan dan sistem ground.
       Kesalahan prosedur pengoperasian perangkat (SOP alat).
    Kualitas power listrik yang buruk dan tidak stabil, seperti tegangan yang sering naik-turun.
       Force majeur, seperti sambaran petir
Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diperhatikan hal seperti berikut :
    Pemahaman tentang instalasi sistem kelistrikan dengan benar serta dapat mengimplementasikan dengan benar di lapangan.
    Pemahaman tentang instalasi sistem audio video berikut perangkat pemancar digital yang benar serta interkoneksinya.
       Penerapan sistem grounding yang tepat.
     Perlunya komponen pengaman tambahan yaitu surge arrester pada semua sistem interkoneksi baik audio, video, perangkat pemancar digital, telepon, dan listrik serta diperlukan juga komponen Power Line Conditioner pada setiap instalasi kelistrikannya.

Technorati Tags:

No comments:

Post a Comment