Sunday, April 14, 2013

Menanti Wujud TV Berkualitas Ultra HD

Inovasi teknologi layar semakin berkembang, termasuk soal ketajaman layar agar memanjakan mata pengguna.
Awal tahun ini, dalam ajang Consumer Electronic Show, diperkenalkan TV dengan kemampuan layar super ultra, 4K TV.
Layar TV ini memiliki resolusi di atas High Definition. Sebelumnya, sudah disebutkan teknologi Ultra HD. Resolusi yang dibawa mencapai 3840 × 2160 piksel.
TV dengan resolusi 4K HD memiliki resolusi vertikal dan horisontal dari format HDTV dengan resolusi 1080 pixel, atau empat kali lebih lebih baik dari ukuran standar 1080 pixel HD.
Seperti apa bayangan TV layar lebar dengan ketajaman yang super ini?
Nah, bergembiralah Anda yang sudah tak sabar menginginkan bagaimana wujud TV dengan resolusi ultra HD ini.
Forbes melansir, 15 April 2013, dalam sepekan, tepatnya 21 April akan menjadi penanda kick off kehadiran TV resolusi 4K ini.
TV yang disediakan ukuran 55 inchi berbanderol selangit, sekitar US$5.000, atau Rp 48,5 juta. Sementara perusahaan asal Jepang, Sony siap merilis model Bravia X900 ukuran 65 inci pada pekan ini di NAB Show, Las Vegas, AS. Harganya, US$7.000, setara Rp67,9 juta.
Namun, Sony harus menghadapi tantangan seputar TV 4K, yaitu dari mana pengguna mendapatkan konten 4K serta apa manfaat yang didapat, mengingat dengan resolusi 1080 piksel sudah relatif bagus dan nyaman untuk mata.
Sony punya solusi. Untuk isu pertama, raksasa teknologi Jepang itu sudah menyiapkan media player 4K, FMP-X1 pada musim gugur nanti. Media player itu dibanderol US$699, setara Rp6,7 juta, dan akan hadir dengan 10 film dalam resolusi 4K.
Untuk masalah kedua, yakni soal ketajaman layar yang sangat super, Sony menjawabnya dengan PS4.

Ya, Sony PlayStation 4. Permainan dan aktivitas interaktif lainnya menjadi masuk akal.  Diharapkan dengan pengalaman panel yang lebih dari 1080 piksel, akan mengalihkan penggila game konsol ke perangkat dengan pengalaman 4K.
Bagaimana, tertarik untuk mempunyai TV ini di rumah?  
Ketajaman layar tak usah dipertanyakan. Masalahnya: mahal.

No comments:

Post a Comment