Friday, November 25, 2011

Ulasan Teknis Program Mantap ANTV

Program MANTAP adalah sebuah program acara musik yang dipersembahkan oleh pihak stasiun TV ANTV kepada pemirsa setianya. MANTAP menyajikan musik yang sedang digemari pemirsa saat ini, dimana genre musik yang ditampilkan lebih cenderung ke Pop yang sedang populer. Acara musik yang hadir setiap hari jam 15.00 - 16.00 mengisi slot acara sore dimana di jam tersebut tidak ada stasiun tv lain yang menayangkan acara musik. Program MANTAP ditayangkan secara live dari mall ke mall dan atau tempat keramaian lainnya, untuk menghibur pemirsa setianya yang biasa disebut KUMAN (KUmpulan anak MANtap).
Untuk menyiarkan acara tersebut, Pihak ANTV menggunakan OB Van sebagai pendukung video systemnya, 2 buah mixer 48 channel untuk audio system, 2 buah genset 100 KVA untuk mendukung power system, dan lighting untuk membantu penerangan selain menggunakan penerangan alami dari matahari karena jam syutingnya yang sore hari dan lokasinya yang kebanyakan outdoor.


Untuk kebutuhan video system, di program MANTAP menggunakan 5 kamera dengan perincian kamera 1 dan 4 handheld untuk mengambil gambar di area sekitar stage, kamera 2 dan 3 menggunakan tripod di depan stage dan jimmy jib dikamera 5. Jenis kamera yang digunakan adalah Sony DXC D-55. Untuk kebutuhan switcher digunakan video switcher FOR-A 16 input, sedangkan untuk monitoringnya digunakan multiviewer evertz 16 input dan plasma 42". Untuk play materi, entah itu OBB, Bump in, Bump out, maupun materi liputan, digunakan 2 buah VTR Player Sony MSW-2100P, sedangkan untuk merekam materi tayang, digunakan 1 buah VTR Sony DVW-M2000P (walau program MANTAP ditayangkan secara Live, tapi tetap harus direkam untuk dokumentasi maupun untuk ditayangkan ulang secara kompilasi jika dibutuhkan). Untuk kiriman sinyal video ke mobil SNG (Satelit News Gathering), digunakan sinyal video digital SDI (Serial Digital Interface) dari output PGM switcher sebagai main dan output dari DDA (Digital Distribution Amplifier) sebagai back upnya.
Untuk kebutuhan audio system,
digunakan dua buah mixer audio 48 channel dengan peruntukkan 1 buah untuk mixer broadcast (PM5D) dan 1 buah untuk mixer FOH sekaligus merangkap mixer monitor(M7CL). Jalur dari microphone ke mixer menggunakan splitter sehingga tidak saling mengganggu diantara kedua mixer. Microphone yang digunakan adalah 15 buah WHM (Wireless Hand Mik)  untuk vokal  (entah host maupun penyanyi), 3 WCO (Wireless Clip On) untuk gimmic, 19 Mic Kabel untuk instrumen band, 5 gunmic untuk mengambil atmosfir penonton serta headset untuk magician (salah satu segmen gimmick dimana menampilkan pesulap untuk mempertunjukkan kebolehannya). Untuk audio system, sinyal yang digunakan berbentuk analog.
Untuk menyupplai kebutuhan sumber daya bagi peralatan, digunakan 2 buah genset dengan kapasitas 100 KVA dengan power faktor (faktor daya) 0,8 sehingga daya murni yang dihasilkan genset sebesar 80 KW. Mengingat program Mantap ditayangkan secara live, maka digunakan UPS (Uninterruptible power supply) untuk mengantisipasi seandainya terjadi masalah dengan genset masih bisa disupply powernya oleh UPS selama perpindahan genset dari main ke back up sehingga program MANTAP tetap berjalan secara lancar. UPS yang digunakan memiliki kapasitas 10 KVA dengan power faktor 0,7 sehingga daya murni yang dihasilkan hanya 7 KW. Mengingat power yang dihasilkan cukup kecil, maka UPS hanya digunakan untuk kebutuhan video system di OB Van, Mixer Broadcast dan Wireless HandMik.
Untuk kebutuhan penerangan, digunakan HMI 4 KW x 2 untuk keylightnya dan lampu PAR 64 sebanyak 2 bar untuk kebutuhan backlight sekaligus aksen di panggung. Untuk kebutuhan penerangan secara umum, digunakan penerangan alami, yaitu matahari karena tayangnya sore hari.
Demikian sekilas ulasan teknis tentang Program MANTAP ANTV yang tayang setiap hari dari jam 15.00 – 16.00.

No comments:

Post a Comment