Friday, September 24, 2010

Bandwidth HDTV-VoD First Media 320 Mbps

First Media, penyedia akses broadband kabel untuk internet dan siaran TV berbayar, akan mengalokasikan bandwidth sebesar 320 Mbps untuk menghadirkan layanan high definition (HDTV) dan video on demand (VoD).

Layanan HDTV direncanakan hadir secara komersial akhir 2010 nanti seusai uji coba terhadap pelanggan prioritas First Media rampung dalam 2-3 bulan ini.

Begitu pun dengan VoD. Konten siaran yang bisa ditonton kapan saja itu, sejatinya menurut Marcelus Ardiwinata, Deputy Director Strategic Business Development First Media, juga sudah siap secara sistem Desember tahun ini.

"Kami masih menunggu kesiapan konten lokal. Karena ini momentum agar tak cuma konten asing saja yang tersedia di akses video on demand," jelasnya kepada detikINET di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (24/9/2010)

Untuk menyediakan kualitas gambar yang baik, lanjut dia, dibutuhkan bandwidth dedicated 12 Mbps untuk untuk HDTV dan 8 Mbps khusus VoD. Jumlah bandwidth tersebut diklaim mampu dipenuhi oleh perusahaan yang bernaung dalam grup Lippo ini.

"Setiap area kami memiliki delapan kanal dengan kapasitas masing-masing kanal 40 Mbps. Sehingga total bandwidth yang kami sediakan ada 320 Mbps. Cukup besar untuk melayani HDTV dan VoD," jelas Marcel.

Meski secara sistem sudah siap, namun First Media mengaku tak mau ambil risiko untuk buru-buru meluncurkannya secara komersial hingga hasil uji coba dinilai memuaskan.

"Sudah sejak sebulan lalu HDTV kami tes stabil. Tapi baru 300-500 yang trial dari 5000 target pelanggan prioritas kami. Mungkin akhir 2010 sudah bisa diluncurkan. Namun kalaupun agak mundur, di Q1-Q2 paling lambat sudah jalan," tandas Hengkie Liwanto, Presdir First Media.

No comments:

Post a Comment